Hai Sobat  KAI pada kesempatan kali ini Kami akan membahas Mengenai Tata Cara Mandi Wajib & Niat Mandi Wajib


Tata cara mandi wajib yang Betul selepas bersetubuh, haid, bersalin atau tidak , adalah perkara yang mesti diketahui setiap orang muslim, dan tentu setiap muslim tidak sekedar mencukupkan dirinya dengan perkara yang sifatnya mubah, tapi berusaha beranjak kepada perkara-perkara sunnah/mustahab, yakni mencontoh apa yang biasa dikerjakan oleh rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam.

Adapun perkara sunnah dalam tata cara mandi wajib atau mandi junub/besar yang sah sempurna bisa diambil dari dua hadis yakni hadis aisyah dan hadis maimunah radiyallahu ‘anhuma.



Niat Mandi Wajib Dan Tata Caranya terkadang kita menyepelehakan permasalahan yang satu ini mengenai Mandi wajib atau janabah, atau junub adalah mandi yang dilakukan ketika kita mengalami mimpi basah atau habis bersenggama. Nah, pada saat seperti inilah kita diwajibkan untuk mandi wajib janabah mandi besar. Namun tidak seperti hanya dikala mandi biasa, mandi wajib ini harus diperhatikan niat dan tata caranya, Namanya juga mandi wajib, hukumnya pasti harus dikerjakan sebelum kita melaksanakan pekerjaan lain utamanya kewajiban beribadah seperti sholat.


Niat Mandi Wajib Dan Tata Caranya


Niat mandi besar atau mandi jinabat itu seperti niat niat dalam ibadah yang lain, yaitu di dalam hati, adapun kalimat dan arti Doa Niat Mandi Wajib niatnya adalah sebagai berikut yang di kelompkan dalam tiga bahagian AN :


1. Jika mandi besar disebabkan junub Mimpi basah, keluar mani, senggama maka niat mandi besarnya adalah

    BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL JANABATI FARDLON LILLAHI TA’ALA
Artiya: Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta’ala

2. Jika mandi besarnya disebabkan karena haid maka niat mandi besarnya adalah

    BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL HAIDI FARDLON LILLAHI TA’ALAArtinya Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari haidl, fardlu karena Allah Ta’ala

3. Jika mandi besarnya disebabab karena nifas, maka niyat mandi besarnya adalah

    BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITU GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAN NIFASI FARDLON LILLAHI TA’ALA
Artinya Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta’ala


Adapun Tata Cara Mandi Wajib Mandi Junub sebagai berikut:
Dan untuk urutan tata cara mandi wajib yang benar menurut Islam adalah sebagai berikut:

1.  Dimulai dengan niat untuk menghilangkan hadas besar. Mulailah segala sesuatu hal dengan niat. Bisa bahasa Arab atau bahasa Indonesia saja.

2.  Membersihkan telapak tangan sebanyak 3x lalu bercebok  Membersihkan      kemaluan serta kotoran yang ada disekitarnya hingga bersih dengan tangan kiri.

3.  Mencuci tangan setelah membersihkan kemaluan dengan menggosokkan tangan ke tanah atau dengan menggunakan sabun.

4.    Berwudhu dengan wudhu yang sempurna seperti ketika hendak shalat

5.    Mengguyur air pada kepala sebanyak 3 kali hingga sampai ke pangkal rambut

6.    Mencuci kepala bagian kanan, lalu kepala bagian kiri

7.    Menyela-nyela (menyilang-nyilang) rambut dengan jari

8.    Mengguyur air pada seluruh badan dimulai dari sisi yang kanan, lalu kiri.

Sudah jelaskan kan Sobat KAI bagaimana tata cara mandi wajib yang benar?
Jadi jangan salah lagi urutannya.

    Disunnahkan untuk melaksanakan mandi besar junub jinabat itu dengan tertib seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa aalihi wasallam.

Tambahan:

Oleh Sheikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairiy

    Mandi wajib dimulai dengan mengucapkan bismillah, dan berniat untuk menghilangkan hadast besar,
    Membersihkan kedua telapak tangannya tiga kali, kemudian bercebok.
    Membersihkan kemaluannya, dan kotoran yang ada di sekitarnya.
    Berwudhu seperti halnya orang yang berwudhu hendak shalat, kecuali kedua kakinya. Namun boleh membersikan kedua kakinya ketika berwudhu atau mengakhirkannya sampa selesai mandi.
    Mencelupkan kedua telapak tangannya ke dalam air, lalu menyela-nyela pangkal rambut kepalanya dengan kedua telapak tangannya itu kemudian membersihkan kepalanya dan kedua telinganya tiga kali dengan tiga cidukan.

HR At-TIrmidzi Menyela pangkal rambut hanya khusus bagi laki-laki. Bagi perempuan, cukup dengan mengguyurkan pada kepalanya tiga kali guyuran, dan menggosoknya, tapi jangan mengurai membuka rambutnya yang dikepang, karena ada hadist yand diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dari Ummu Salamah yang bertanya kepada Rasulullah, Aku bertanya, wahai Rasulullah! Sesungguhnya aku ini perempuan yang sangat kuat jalinan rambut kepalanya, apakah aku boleh mengurainya ketika mandi junub (mandi besar)? Maka Rasulullah menjawab, Jangan, sebetulnya cukup bagimu mengguyurkan air pada kepalamu tiga kali guyuran.

Mengguyur tubuhnya yang sebelah kanan dengan air, membersihkannya dari atas sampai ke bawah, kemudian bagian yang kiri seperti itu juga berturut-turut sambil membersihkan bagian-bagian yang tersembunyi pusar, bawah ketiak, lutut, dan lainnya, dan diriwatkan Dari Ali bin Abi Thalib, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa aalihi wasallam telah bersabda:

Barangsiapa yang meningggalkan bagian tubuh yang harus dialiri air dalam mandi janabat walaupun satu rambut untuk tidak dibasuh dengan air mandi itu, maka akan diperlakukan kepadanya demikian dan demikian dari api neraka “. HR. Abu Dawud

Seorang Wanita Tidak Harus Melepas Jalinan atau Kepangan Rambutnya
cara mandi wajib“Ya Rasulullah, aku adalah wanita yang SANGAT KUAT kepangan/jalinan rambutku, apakah aku harus melepaskannya saat mandi janabah?” Beliau menjawab: “Tidak perlu, namun cukup bagimu untuk menuangkan air tiga tuangan ke atas kepalamu, kemudian engkau curahkan air ke tubuhmu, maka engkau suci.”  HR. Muslim no. 330

Boleh Mandi Hanya Sekali Setelah Men-jima’i Beberapa Istri
Anas bin Malik radiyallahu anhu berkata: “Adalah Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam mengelilingi istri-istrinya (menjima’i mereka secara bergantian -pent.) dengan satu kali mandi.”  HR. Muslim no. 706 dan mandinya disini dilakukan ketika selesai jima yang akhir.


Demikianlah Ulsan Hasbi Htc Mengenai Mandi Wajib, semoga artikel tata cara mandi wajib yang benar cara Mandi bersih diatas adalah cara mandi wajib menurut islam, bisa bermanfaat bagi wanita dan pria yang Ingin lebih tahu mengenai Mandi wajib. Wassalam

Sekian Sobat KAI semoga bermanfaat Buat Kita Bersama.
Reactions:

601 comments:

  1. Ketika Hendak Berwudhu Nya,Apakah Kita Mengucapkan Niat Berwudhu Seperti Biasa Atau Tidak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. niatnya sama kyk mau solat ???

      Delete
    2. Kalau mau mandi besar apa niatya dibarengin Sama yentuhya air atau duluan airnya apa sesudah air yentuh tolong balas

      Delete
    3. maaf, mau tanya masih binggung jga nih
      bukannya pada saat kita berwudhu kita tidak boleh telanjang yah ?

      Delete
    4. maaf, mau tanya masih binggung jga nih
      bukannya pada saat kita berwudhu kita tidak boleh telanjang yah ?

      Delete
    5. Salinan lah mana ada yg mandi wajib tlanjang

      Delete
    6. wudhu telanjang tidak sah... pake handuk dulu atau pake pakian lengkap dulu lah kalo wudhu..

      Delete
    7. Mandi wajib itu harus berpakaian?

      Delete
    8. Mandi wajib itu harus berpakaian?

      Delete
    9. Mandi wajib itu harus berpakaian?

      Delete
    10. siapa bilang berwudhu telanjang tidak sah ?
      berwudhu telanjang itu sah2 saja tapi tidak/kurang sopan kan ada malaikat

      Delete
    11. This comment has been removed by the author.

      Delete
    12. Itu mencuci kepalanya pakai shampo

      Delete
  2. setelah mandi besar apa ada sholat sunnahnya ??

    Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nga ada yg namanya sholat sunnah setelah mandi wajib mas bro.. trims

      Delete
    2. mau tanya nih.....apakah memcuci kepala itu pake sabun ?? mohon dijawab

      Delete
  3. Karena itu sunnah, maka boleh di laksanakan boleh tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mandi junub itu wajib ..! bukan sunnah . ibadah seorang muslim tidak akan diterima sampai ia melakukan mandi junub

      Delete
    2. setuju bro.... namnya juga mandi wajib.. bukan mandi sunah... ya wajib dikerjakan lah..

      Delete
    3. Mass kalau Abis Mandi wajib Terus mandi kayak Biasa gpp kan

      Delete
  4. Apakah niat mandi besar yang disunnah kan rasullah SAW ???

    Saya pernah dengar itu.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru make shower lebih bagus lagi bro... Karena kita tinggal meratakan saja air yang mengalir itu ke seluruh anggota tubuh kita

      Delete
  5. Mandi wajib
    1. Niat
    2. Membasuh tangan 3x ( sunah)
    3. Membasuh alat kelamin
    4. Wudu seperti biasanya, kecuali kaki, kaki dibasuh
    setelah mandi.
    5. Membasuh keseluruhan rambut.
    6. Membasuh kepala beserta telinga sebanyak 3x dengan
    3x menimba air
    7. Membasuh badan dari kanan ke kiri
    8. Menggosok bagian yang sulit dijangkau
    9. Membasuh Kaki.

    Kalau mandi wajibnya seperti hal yang tertera diatas, sah tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. inshaa allah sah, selama cipratan air tidak masuk ke tempat tampung air dan airnya di pake mandi junub

      Delete
    2. Mau nanya min, setelah melaksanakan mandi junub apakah boleh langsung disertai mandi seperti biasa!?
      Terima kasih :)

      Delete
    3. Satu lagi min, di No.3 melakukan membasuh alat kelamin sekaligus membersihkannya. Apakah membersihkannya menggunakan sabun atau pertama-tama digosok dulu baru dibilas dengan sabun!?

      Delete
  6. Mksd dari menyela" kepala dengan jari apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menggosokkan jari ke kulit kepala sampai airnya merata

      Delete
  7. Kalo ada rambut yg rontok gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa gak sekalian aja.. kalo gundul gimna? lol

      Delete
    2. Kalau rontoknya itu saat mandi sesudah terkena air sepertinya tidak masalah.
      Kalau rontoknya sebelum mandi itu tidak boleh. Potong kuku saat setelah mimpi basah sebelum mandi juga tidak boleh. CMIIW

      Delete
    3. Mandi wajib apkah harus gosok gigi,keramas pake shampo?

      Delete
  8. cara berwudhu nya kan seperti biasa kecuali kaki
    nah itu caranya gimana?

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. ya disisir dengan jari , sampai menyentuh kulit kepala agar air merata di kulit kepala...ya baca niat wudhu seperti wudhu mau sholat...

      Delete
  10. mau nanya nih, kalo niat mandi junubnya ga pake janabati gimana sah ga, soalnya pas saya liat di dalam buku, niatnya cuma sampe akbari langsung lillahita'ala

    ReplyDelete
  11. kalau tidak pakai wudhu sah atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga mandi wajib, hukumnya PASTI HARUS DIKERJAKAN sebelum kita melaksanakan pekerjaan lain utamanya kewajiban beribadah seperti sholat.
      simpulkan sendiri sah apa tidak kalo tidak berwudhu.

      Delete
    2. Kyk nya sah vroh.. Wudhu sunnah dalam mandi wajib...

      Delete
    3. Kyk nya sah vroh.. Wudhu sunnah dalam mandi wajib...

      Delete
    4. whudu itu sunah, kalo yg pernah saya dapat. gak tau jg kalo ada aliran lain...

      Delete
  12. Mandi wajib itu dilaksanakan sebelum mandi biasa apa setelahnya??,mohon info dong????

    ReplyDelete
  13. bolehkah kalo saat mandi wajib, kita tidak mengguyur badan karena bagian badan sedang sakit/ada luka yang tidak boleh terkena air ?

    ReplyDelete
  14. mandinya make air pancoran apa pake gayung baiasa :D

    mohon infonya....!

    ReplyDelete
  15. Berarti tidak harus menggunakan shampo ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyalah.... apalagi kalau anda botak.... apa.y mau di sampo i... wkwkwkwk

      Delete
  16. min apabila kita lupa untuk tidak mencuci tangan dg sabun ,,, maka mandikita syah ndak

    ReplyDelete
    Replies
    1. syah atau nggk syah nya itu yang tau yang di ATAS ,kita harus mnjlankan dngan baik dan yakin kalau kita mandinya syah. ( katanya )

      Delete
  17. klo kakinya terbasuh ketika wudhu , nah itu gimana sah atau tidak? cuma sebelum selesai saya membasuh kaki itu sah atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaallah sah bro..
      kalo misalkan gk sengaja..

      Delete
  18. Terus pake sabun nya kapan??
    Itu kan cmn d basuh2 doanx min

    #jelaskan

    ReplyDelete
  19. Thanks bro, infonya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  20. Mandi wajib itu dilaksanakan sebelum mandi biasa apa setelahnya??,mohon info dong???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya mandi wajib terlebih dahulu baru mandi biasa

      Delete
  21. Baca niat nya sebelum, pas mandinya apa sesudah mandinya??

    #thx

    ReplyDelete
  22. kalau mandi wajibnya menggunakan shower..apakah sah/boleh???

    ReplyDelete
  23. Niat mandi wajibnya itu sebelum membasuhi badan dengan air atau sesudah pas kita membasuhi air lalu ingin memakai sabun.

    ReplyDelete
  24. Kalo mandi wajib nya di barengin sma mandi biasa boleh tidak .

    Mohon mnta infonya , Makasih

    ReplyDelete
  25. untuk nomor 4.. saat berwudu, itu kita wudhu dengan keadaan berpakaian atau tidak berpakaian? mohon arahannya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat video ini aja bro

      https://m.youtube.com/watch?v=2AL3264CohE

      Semoga bermanfaat

      Delete
  26. Loh kapan sabunan sana gosok giginya mas?

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Klau stelah mndi wjib , mndi biasa , itu sah apa gk ??

    Mnta saran

    ReplyDelete
  29. Kalau mandi wajibnya sambil jongkok boleh tidak? Karena guna menghindari cipratan air nya masuk ke dalam bak..

    ReplyDelete
  30. Boleh gak mengguyur kepala lebih dari 3 kali

    ReplyDelete
  31. Sah kah ketika kita melakukan mandi junub dengan menggunakan keran ? Paling tidak ketika menggunakan bak mandi cuma untuk mengguyur seluruh tubuh

    Tolong balas

    ReplyDelete
  32. pas wudhu itu niatnya apa??niat menghilangkan hadas kecil apa bukan?? tolong arahannya :)

    ReplyDelete
  33. Apa benar pas berwudhu kakinya jangan dulu di bersihkan, tetapi di bersihkannya pas penutup ?
    Dan, jika air maninya kena celana dalam harus di gimanain ?
    Plisss jawab :)

    ReplyDelete
  34. Jika kita tidak bermimpi basah apa kita bisa mandi junub?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kondisi dimana seseorang harus/wajib melakukan mandi wajib. Kalo ga masuk kedalam salah 1 kondisi tersebut, boleh melakukan, boleh juga tidak melakukan.

      Delete
  35. Klo niat mandi junub disertai langsung wudu sah nggk

    ReplyDelete
  36. gan apa betul kalo kaki bilaberwudu tidak harus dilAksanakan karena itu yang terakhir

    ReplyDelete
  37. gan apa betul kalo kaki bilaberwudu tidak harus dilAksanakan karena itu yang terakhir sah gak

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  39. "nawaitu ghuslalifar'il hadatsil akbarollahi ta'alla,, ini bacaan niat yg gua pelajari di buku. Trus menyiramkan air keseluruh badan mulai dari yg kiri lalu kenan itu berapa kali? karna kalo yg di buku masing2 3 kali.
    mohon penjelasannya karna ini hal yg sangat penting..!!

    ReplyDelete
  40. Gimana kalau seseorang yang sedang halangan terus mau mandi wajib, tapi tdk boleh terkena air karena sakit? Apa boleh dengan tayammum? Terimakasih seblumnya dan mohon balasannya.

    ReplyDelete
  41. gimana kalo gk hafal bacanya bisa di bantuin sama orang tua ???

    ReplyDelete
  42. gimana kalo gk hafal bacanya bisa di bantuin sama orang tua ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yailah coeg lu kan bisa liat hp niatnya sebelum masuk kamar mandi-,-

      Delete
  43. Jaman nabi blom ada sabun dan sampo kyk jaman sekarang, bersihin gigi pake siwak, jadi klo mau pake sabun dan sampo ya pake aja, klo gak pake juga gpp, menurut ane gt, yang penting niat dan tata cara sudah di lakukan.

    ReplyDelete
  44. Jaman nabi blom ada sabun dan sampo kyk jaman sekarang, bersihin gigi pake siwak, jadi klo mau pake sabun dan sampo ya pake aja, klo gak pake juga gpp, menurut ane gt, yang penting niat dan tata cara sudah di lakukan.

    ReplyDelete
  45. Itu yg ke8 mengguyurnya boleh pakai sabun ga?

    ReplyDelete
  46. . Dalam mandi wajib kan kita di haruskan meratakan air ke seluruh tubuh, boleh kah kita merataknnya ke kemaluan dan dubur kita? Apa kah itu membatalkan mandi? Atau hanya membatalkan wudhu? Dan apakah harus berwudhu lagi?
    Terimaksih

    ReplyDelete
  47. Mandinya boleh pake shower gak sih??
    Yg tau pliss jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh,, justru mandi dengan shower lebih bagus

      Delete
  48. Baca Juga : Adab dan doa bersetubuh

    http://irfadnews.pw/index.php/2015/05/12/adab-adab-dalam-bersetubuh-dan-doa-ketika-mau-bersetubuh/

    ReplyDelete
  49. klo habis ML wajib mandi junub atau sunah gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea wajiblh bro, itukan buat ngilangin hadast besar...

      Delete
  50. klo ga tau bahwa anda sdh keluar air mani tpi g mandi wajib tpi stelah tau baru mandi wajib nya itu ky gimana bisa di jelasin ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kok bisa ga tau? Emang ga ada notifnya

      Delete
  51. Soalan
    1.niat kits mulakan bila masa air dike nakan pada kulit atau sebelum
    2.bolehkah kita benti2 kan air mandi tersebut
    3.ape yg kita perlu buat jika samasa kita mandi najis keluar same Ade tahi,kencing Dan Mani
    4.ape yg kita perlu buat jika terkeluar air Mani terkeluar selepas Mandi wajib

    ReplyDelete
  52. Kan pas wudhu telanjang,nah wudhu itu bisa di pake buat solat tak?

    ReplyDelete
  53. Kan pas wudhu telanjang,nah wudhu itu bisa di pake buat solat tak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya wudhu lagi. Dan bahkan guru agama saya pernah bilang. Sebaiknya kalau mandi (terutama mandi wajib) kita memakai pakaian. Minimal (maaf) kolor

      Delete
  54. Kan pas wudhu telanjang,nah wudhu itu bisa di pake buat solat tak?

    ReplyDelete
  55. kan wudhu gx blh telanjang niat setelah mandi wajib apa trs yv kakinya nanti it u madsudnya apa trs mke niat wudhu jg

    ReplyDelete
  56. apakah setelah mandi wajib diharuskan berwudhu lagi? terimakasih

    ReplyDelete
  57. Stlh niat lgsg guyur semua dr ujung kepala sampai kaki.atau dg cara lgsg nyeburin diri k sungai yg banyak air nya/k pantai.syah apa tidak gaes?

    ReplyDelete
  58. saya sendiri
    1. wudhu seperti biasa beserta do'a nya, tapi tidak dibarengi dengan membasuh kaki..
    2. niat mandi wajib
    3. mandi sesuai aturan, bersihkan kepala, kelamin maupun dubur. ( sabun ) caranya persis seperti yg ada diatas.. kepala kemaluan dan lain lain..
    4. setelah mandi, jikalau mau sholat langsung ya wudhu lagi 1x..

    ReplyDelete
  59. makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
    QUEENXXX92

    ReplyDelete
  60. Thoyyib...Satu info yang sangat bernanfaat..
    Bagi rekan-rekan, atau teman, sanak keluarga. YANG TDK KUNJUNG DAPAT MOMONGAN mungkin infor berikut bisa membantu: http://parantauan.blogspot.co.id/2015/11/tips-cepat-hamil.html

    ReplyDelete
  61. Thoyyib...Satu info yang sangat bernanfaat..
    Bagi rekan-rekan, atau teman, sanak keluarga. YANG TDK KUNJUNG DAPAT MOMONGAN mungkin infor berikut bisa membantu: http://parantauan.blogspot.co.id/2015/11/tips-cepat-hamil.html

    ReplyDelete
  62. mantap gan.. info yang berguna dan bermanfaat sekali...
    ditunggu kunbalnya di www.cumiselam.blogspot.com

    ReplyDelete
  63. Terimakasih atas postingannya, sukses terus ya! saya banyak dpt pelajaran dan masukan dari membaca postingan ini, mampir ke blog RPP aku, thanks

    ReplyDelete
  64. selama kita mau belajar memperbaiki diri, saya rasa syah" az walaupun ada yg tertinggal/lupa urutannya ( karena kita ini dalam proses belajar memperbaiki diri ) untuk lebih jelasnya kita bisa tanya pada ustadz/ustadzah ataupun ulama di wilayah kita masing"...
    " Allah itu menuruti prasangka hambanya " kalau kita ragu syah atau tidak, tergantung kita masing"... thx min nice posting ^_^

    ReplyDelete
  65. Saya mau tanya
    Ketika kita selesai mandi wajib tetapi kita lupa untuk wudhu apakah sah atau tidak walaupun kita tidak shalat...

    ReplyDelete
  66. Tdk ada yg mewajibkan bro,dan wudlu telanjang pun psti sah cuma makruh alias lbh baek tdk di lakukan,di lakukan pun tetap sah.....

    ReplyDelete
  67. Saya bertatto apakah sah bila saya mandi wajib , atau harus menghapus nya terlebih dahulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo bisa dihapus hapus,klo tidak ya tidak

      Delete
  68. Gan saya mau nanya,misalnya saya bersetubuh sama istri saya hari senin,apakah saya boleh mandi wajib pada hari selasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sholatnya bagaimana kalo sudah berhubungan hari senin , mandi wajib hari selasa, brarti stelah berhubungan waktunya sholat tidak melaksanakan sholat ?

      Delete
  69. Bermanfaat sekali terima kasih bro..!

    ReplyDelete
  70. Terima kasih.
    Artikelnhya sangat-sangat bermanfaat bagi umat musLim seperti saya.
    Semoga KAMI ANAK ISLAM selalu mendapat berkah dari Alloh SWT..
    http://worldbalon.com/2015/12/27/balon-printing-balon-print-balon-sablon/

    ReplyDelete
  71. min apakah mandi wajib itu tidak boleh telanjang?
    tata cara mandi wajib yg saya kerjakan sbb
    1. guyur kepala 3x
    2. Niat
    3. guyur lagi 3x
    4. cuci tangan 7x
    5. guyur tubuh 3x
    6. guyur tubuh 3x kanan 3x kiri
    7. cuci kemaluan (cebok)
    8. guyur tubuh 3x
    9. wudhu
    10. keluar toilet dan membaca hamdalah serta doa sesudah wudhu.

    * mengapa saya selalu memperbanyak guyuran ke tubuh, karena agar air yg belum mengenai tubuh bisa terkena. mohon min apakah mandi wajib saya sah/tidak???

    ReplyDelete
  72. keluar kamar mandi itu dengan kaki kanan duluan setelah itu,membaca doa"GUFRONAKA"ada hadistnya/dalilnya.

    ReplyDelete
  73. setahu saya:
    1.wudhu.
    2.niat.
    3.mandi.

    ReplyDelete
  74. Kalo berdasarkan ilmu fiqih yg selama ini ane tau
    Mandi Junub, rukunnya ada 4:
    1. Niat
    2. Membasuh air dari ujung kepala sampai kaki.
    3. Membersihkan sisa hadast ditubuh (memijat rambut,kelamin,dan sela2 tubuh)
    4. Tertib (artinya berurutan)

    Segitu aja udah sah sih sebenernya.
    Karena sisanya itu hanya sunnah rasulullah saja.
    CMIIW.

    ReplyDelete
  75. Percayalah ada beberapa org yg mampir ke blog ini karena hobby lolicon :V

    ReplyDelete
  76. Replies
    1. Wajib.
      Yang sunnah itu tertibnya (tata caranya). Yang jelas semua bagian tubuh 100% harus terkena air. CMIIW

      Delete
  77. Apakah sama tata cara mandi wajib untuk haid?

    Blogwalking: duwilestari02.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  78. Kalo wudu sebelum mandi wajib boleh gak?

    ReplyDelete
  79. Saya mau nanya nih min,, apakah setelah selesai mandi wajib kita tidak boleh menggunakan handuk yg intinya langsung menggunakan pakaian??

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk handuk tidak boleh, tetapi untuk membilas dianjurkan memakai kain seperti sarung

      Delete
    2. Kan habis mandi wajib terus di lanjutin sama mandi spt biasa, apa boleh pake handuk? Atau langsung pake baju?

      1 lagi mas itu waktu mandi wajib telanjang atau pake sarung? Please di bales

      Delete
  80. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  81. Buat admin atau siapa saja yang tau mohon dijawab ya. Air di kosan saya ini kan menggunakan air sumur yang bisa saja habis saat dipakai. Nah kalau kita sedang ditengah-tengah mandi besar dan air di kosan saya mati (air sumurnya habis). Nah otomatis kan saya harus menunggu sampai air tersebut terisi kembali.
    Pertanyaan saya kalau karena hal tersebut mandi saya terhenti ditengah jalan taruhlah setelah kita wudhu, apakah saya harus mengulangi mandinya benar-benar dari awal (dari membersihkan kelamin dsb.) Atau cukup melanjutkan saja?
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, pasti harus mengulangi dari awal bila air sumur/air dikosan saudara terhenti/habis/mati di tengah" proses mandi wajib.(disarankan kalau memang harus pakai air sumur, ditampung dahulu memakai kendi yang bawahnya di lubangi untuk mengucurkan air)

      Delete
  82. kalau niatnya gak pakek bahasa arab gimana sob.. boleh gak ya

    ReplyDelete
  83. Jika sudah mandi wajib tapi pada ke esokan harinya keluar mani apakah kita harus mandi lagi?

    #tolong jawab secepatnya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, setiap kita merasa keluar air mani/sperma pasti harus mandi lagi walaupun kita sudah mandi wajib sebelumnya.

      Delete
  84. waah, lengkap mas. mantab. kunjungan balik ya mas......

    www.ilmufiqihahlussunnah.blogspot.com

    ReplyDelete
  85. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  86. Kalau Mandi Wajib Itu Bepakaian Bagaimana Menggosok Kemaluan Dengan Tangan Kiri Coba....

    ReplyDelete
  87. Kalau Mandi Wajib Itu Bepakaian Bagaimana Menggosok Kemaluan Dengan Tangan Kiri Coba....

    ReplyDelete
  88. Ya jelas mandi lagi, kan yang membuat kita harus mandi wajib itu karena kita mengeluarkan air mani

    ReplyDelete
  89. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  90. Oiya min/yang baca post ini, ane pen nanya dong

    Kalo misalkan mimpi basah nih, kena celana, kasur/bantal, kalo celana nya kita pake lagi gimana min (misal celana udah dicuci) boleh gak kita pake lagi ? Terus kasur/bantalnya kita pake juga buat tidur, apa itu harus mandi wajib lagi apa gimana min ? moon jawab :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mandi wajib mah kalo ngeluarin kalo kena mah gpp(itu juga mungkin soh:v)

      Delete
    2. Ooh jadi misalkan kalo bekas mimpi basah terus celananya di cuci, dipake buat solat sah kaga :v ?

      Delete
    3. kalau celana/kasur/bantal yang terkena cipratan seharusnya di cuci bersih terlebih dahulu ( masa setiap mimpi basah harus beli celana baru/kasur baru/bantal baru ) :V

      Delete
  91. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  92. Apakah mandi wajib boleh brsama.an sama mandi biasa atau mandi wajib dahulu baru mandi biasa setelah.y,.????
    Tolong jawab yg sebenarnya dong., saya msih ragu,.
    Trimakasih,.

    ReplyDelete
  93. Apakah mandi wajib boleh brsama.an sama mandi biasa atau mandi wajib dahulu baru mandi biasa setelah.y,.????
    Tolong jawab yg sebenarnya dong., saya msih ragu,.
    Trimakasih,.

    ReplyDelete
  94. Apakah mandi wajib boleh brsama.an sama mandi biasa atau mandi wajib dahulu baru mandi biasa setelah.y,.????
    Tolong jawab yg sebenarnya dong., saya msih ragu,.
    Trimakasih,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di dahulukan mandi wajib dahulu, baru mandi biasa

      Delete
  95. Kalo kita ngga tau keluar mani atau ngga apakah boleh mandi wajib
    Tolong jawab
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika ragu" selepas saudara terbangun dari tidur, dan mengecek apakah keluar/tidaknya air mani/sperma. maka disarankan untuk mandi wajib, untuk berjaga" kebersihan dan keraguan apabila saudara melakukan ibadah sholat.

      Delete
  96. Mantap sekali ulasan ini... sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  97. Assalamualaikum
    1. Sah tidak mandi wajibnya kalau membaca niatnya sebelum masuk kamar mandi?,
    2. Sah tidak mandi wajibnya kalau membaca niat dalam hati didalam kamar mandi dengan telanjang?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  98. itu mandinya pake sabun atau sampo apa nggak?

    ReplyDelete
  99. Assalamualaikum ...
    Min saya mau nanya !

    Kenapa air dalam bak tidak boleh terkena cipratan pada saat kita mandi wajib ?

    #Sekian wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  100. Apkah mandi wajib harus kramas pake shampo

    ReplyDelete
  101. Katanya habis wudhu langs g basuh seluruh badan.... Bileh gak pas wudhu gk pke baju.... Trus kalo pake baju brrti gk bsa bask slurh tubuh dong ๐Ÿ˜ฑ .. Please reply

    ReplyDelete
  102. Bagaimana caranya menghitung mengguyur air ke kepala jika mandinya menggunakan shower atau pancuran air?

    ReplyDelete
  103. Bagaimana caranya menghitung mengguyur air ke kepala jika mandinya menggunakan shower atau pancuran air?

    ReplyDelete
  104. Maaf yaa bukan nya sok tau masa lagi mandi wajib masih telanjang suruh berwudhu yang bener aja

    ReplyDelete
  105. Katanya harus memakai pakaian hingga menutup aurat .mhon penjelasan

    ReplyDelete
  106. Kalo misalkan mandi wajibnya tidak menghadap kiblat gimana gan?? Sah atau tidak??

    ReplyDelete
  107. Terima Kasih Gan atas infonya :)

    ReplyDelete
  108. assalamualaikum, saya mau tanya apakah mandi wajib saya selama ini salah yah? tolong di baca
    1.niat (nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbari fardhlan lillagi ta'aala)
    2.mencucui kedua tangan 3x
    3.membersihkan kemaluan dengan tangan kiri dan tangan kanan memegang timbah untuk memberi air 3x
    4.berwudhu seperti halnya mau shalat tetapi (tidak membasuh kedua kaki,hanya sampai rambut)
    5.menyirami tubuh bagian kanan 3x
    6.menyirami tubuh bagian kiri 3x
    7.menyirami seluruh badan mulai kepala sampai kaki (sampai ke sela-sela rambut)
    8.mandi seperti biasa (menyilangkan tangan ke bagian rambut dengan menggunakan shampo agar ketombe dan kotoran rambut hilang)
    9.setelah mandi seperti biasanya, berwudhu kembali seperti mau shalat (sekarang membasuh kedua kaki/wudhu sempurna)

    tolong .. apakah cara saya tersebut sudah benar atau salah

    ReplyDelete
  109. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  110. Mau nanya lagi,,,,, kalo airnya yg di bak mandi dah kesentuh tangan terus yg dibak itu buat mandi wajib bisa sah tdk ?

    ReplyDelete
  111. Mau nanya lagi,,,,, kalo airnya yg di bak mandi dah kesentuh tangan terus yg dibak itu buat mandi wajib bisa sah tdk ?

    ReplyDelete
  112. SEBAIKNA SEBELUM MANDI JUNUB, LAKUKAN MANDI BIASA SEPERTI BIASANYA, KRAMAS DLL.BIAR SEMPURNA BERSIHNYA. LALU AMBIL HANDUK LILITKAN UNTUK MENUTUPI KEMALUAN, LALU BERWUDHU (JGN BERWUDU DENGAN TELANJANG), SETELAH WUDHU LEPASKAN HANDUK DAN LAKUKAN SESUAI PETUNJUK DIATAS.

    ReplyDelete
  113. SEBAIKNA SEBELUM MANDI JUNUB, LAKUKAN MANDI BIASA SEPERTI BIASANYA, KRAMAS DLL.BIAR SEMPURNA BERSIHNYA. LALU AMBIL HANDUK LILITKAN UNTUK MENUTUPI KEMALUAN, LALU BERWUDHU (JGN BERWUDU DENGAN TELANJANG), SETELAH WUDHU LEPASKAN HANDUK DAN LAKUKAN SESUAI PETUNJUK DIATAS.

    ReplyDelete
  114. Syarat mandi wajib itu mandi biasa dlu trus mandi wajib apa mandi wajib lalu madi biasa dan kalo berwudhu saat mandi biasa itu tidak sampai kaki dan saat mandi wajib baru berwudhu ketika hendak melaksanakan shalat (sampai kaki? Apakah itu benar? Jawab

    ReplyDelete
  115. Mandi wajib yang sering dilalaikan walaupun hal sepele tapi itu harus wajib terkena air yaitu bagian daun telinga bagian dalam min

    ReplyDelete