بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamualaikum, Wr. Wb. selamat menikmati hidup kalian sahabat KAI !
Saya disini hanya sekedar posting/sharing (berbagi) untuk belajar dan menambah ilmu.
Shalat Tahajud

Kalau ada yang salah baik itu kecil maupun besar mohon maaf ! Saya bukanlah ahli (ustadz, kiai, dsb) dalam islam dan sekali lagi saya hanya sekedar berbagi/ sharing sekalian belajar bareng-bareng, dan semoga artikel/ postingan ini bermafaat bagi yang ingin maupun yang baru belajar Tata Cara Shalat Tahajud dan             BacaanDoa Tahajud. ^_^


Kali ini KAI akan sharing/ memposting mengenai Tata Cara Shalat Tahajud dan Bacaanya

Shalat Tahajud

Tata Cara Shalat Tahajud dan Bacaan Doa Tahajud
Sebelum lanjut ke Tata Cara Shalat Tahajud dan Bacaan Doa Tahajud ada yang tahu apa itu shalat? Nah kalau ada yang tahu apa itu shalat tolong berkomentar ya di artikel ini, dan bagi yang belum tahu baca:
pengertian singkat dari salat :

Salat ("Bahasa Arab": صلاة; transliterasi: Shalat), merujuk kepada ritual ibadah pemeluk agama Islam. Menurut syariat Islam, praktik salat harus sesuai dengan segala petunjuk tata cara Nabi Muhammad, sebagai figur Teladan, perintah Allah Umat muslim diperintahkan untuk mendirikan salat, karena menurut Surah Al-'Ankabut dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar:

  “dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar, dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain)". (Al-Ankabut: 45)

Masih kurang jelas? coba tanyakan ke ustadz yang ada di daerah sahabat KAI masing-masing (lebih afdol) :)
Ok, langsung saja Tata Cara Shalat Tahajud dan Bacaan Doa-doa Tahajud

Ups, sedikit kepotong...Bagi yang belum tahu apa itu Shalat Tahajud, KAI akan tulis  dibawah ini !

Shalat Tahajud :

Shalat Tahajud Adalah Shalat sunah yang dikerjakan pada waktu malam hari, dimulai selepas isya sampai menjelang subuh dan dikerjakan setelah tidur atau bangun tidur di malam hari. Dan shalat tahajud sering juga disebut shalat malam atau disebut juga (Sholatul lail) karena waktu yang melaksanakan shalat ini pada malam hari dimana semua orang sedang tertidur lelap. Shalat Tahajud juga adalah shalat sunah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW sepanjang hidupnya. Mengingat keutamaan yang sangat besar dalam shalat malam ini dan dianjurkan oleh Allah dalam Alqur'an :

”Wa minal laili fatahajjad bihi naafilatan laka `asaa an yab`atsaka rabbuka maqaaman mahmuudan” (QS : Al-Isro’ : 79)


Artinya: "Dan pada sebagian malam, sembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji"


Kalau sudah diketahui waktu melakukan ibadah ini dari waktu isya' sampai waktu subuh, sedang, sepanjang malam ini ada saat-saat utama, lebih utama dan paling utama, maka waktu malam yang panjang itu dapat kita bagi menjadi tiga bagian :

    Sepertiga pertama, kira-kira mulai dari jam 19.00 sampai jam 22.00, ini saat utama
    Sepertiga kedua, kira-kira mulai dari jam 22.00 sampai dengan jam 01.00, ini saat yang lebih utama
    Sepertiga ketiga, kira-kira dari jam 01.00 sampai dengan masuknya waktu subuh, ini saat yang paling utama


Ups, maaf kepotong lagi. KAI juga pingin sharing tentang Keutamaan Shalat Tahajud, ini dia :

Keutamaan Shalat Tahajud:

Allah Ta'ala berfirman:
"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." ( QS Al-Isra' (17) : 79)
Shalat Malam Menyembuhkan Hati Yang Lalai
Sifat Lalai adalah penyakit berbahaya dan menyimpang. Penyakit ini akan menimpa hati yang selalu tenggelam dalam hal mubah ,bermalasan-malasan dalam ketaatan , dan hanyut dalam segala kenikmatan. Fokuslah untuk bemunajat kepada Allah , sedangkan ketika itu obat yang ampuh akan datang dengan izin Allah, yakni "shalat malam".

Rasulullah SAW bersabda :
"Barangsiapa mengerjakan shalat malam dengan membaca sepuluh ayat Qur'an, dia tidak dituliskan termasuk orang-orang yang lalai. Barangsiapa mengerjakan shalat malam dengan membaca 100 ayat Qur'an , dia akan dituliskan termasuk dalam orang yang Qunut. Dan barangsiapa mengerjakan shalat malam dengan membaca 1000 ayat Qur'an dituliskan dalam sebagai orang yang kaya" (HR. Abu Daud, Ibnu Khuzaimah dan Ibn Hibban, dihasankan oleh Al Albani dalam SHahih Al-Targib wa Al-Tarhib no.635)
Nikmat nya Shalat Malam
Seseorang tidak akan bisa merasakan nikmatnya shalat, indahnya bermunajat dan asyiknya bermesraan dengan Allah, jika shalat belum menempati tempat utama di dalam hatinya. Dia tidak akan merasakan apa-apa jika dia belum sampai pada derajat menjadikan shalat sebagai penyejuk hati, penggembira jiwa, pelapang dada, penyembuh sakit, penghilang rasa gundah, dan pelepas kesempitan.

Rasulullah SAW suatu hari bersabda :
“Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”
Adapun lima keutamaan didunia itu, adalah :

    Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
    Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
    Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
    Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Sedangkan yang empat keutamaan diakhirat, ialah :

    Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
    Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
    Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
    Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.


Nah, Masih Mau Lanjut Sahabat KAI bacanya Oke kalau MAsih mau lanjut kita lanjutkan bacaannya !

Tata Cara Shalat Tahajud :

    Berniat untuk mengerjakan shalat tahajud
Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini lillaahi ta'aalaa.
  Artinya: "Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah"
 
Raka'at pertama membaca surah Al Fatihah, setelah itu di lanjut dengan
Bacaan/surah lain yang anda kira sudah hafal
    Pada raka'at kedua/selanjutnya lakukan seperti raka'at pertama
    Salam

Note: Jumlah rakaat pada shalat tahajud tidak terbatas, mulai dari dua rakaat, empat rakaat, dst.....

Bacaan Do'a Setelah Shalat Tahajud :
Dalam hadits Bukhari dinyatakan, bahwa Rasulullah saw. jika bangun dari tidur di tengah malam, terus bertahajjud dan membaca doa sebagai berikut:

Artinya:
""Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagi-Mulah  segala puji. Engkau raja penguasa langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah yang hak, Pemancar cahaya langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah yang hak, dan janji-Mu adalah benar, dan perjumpaan-Mu itu adalah hak, dan firman-Mu adalah benar, dan surga adalah hak, dan neraka adalah hak, dan nabi-nabi itu hak benar, dan Nabi Muhammad saw. adalah benar, dan saat hari kiamat itu benar. Ya Allah, kepada-Mulah kami berserah diri (bertawakkal) kepada Engkau jualah kami kembali, dan kepada-Mulah kami rindu, dan kepada Engkaulah kami berhukum.
Ampunilah kami atas kesalahan yang kami lakukan dan yang sebelumnya, baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir. Tiada Tuhan melainkan Engkau Rabbul-'alamin. Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan Allah"

Sesudah membaca doa itu perbanyaklah membaca istighfar. Adapun istighfar yang biasa ialah :
Astaghfirullaahal-azhiim wa atuubu ilaiih.


Ada baiknya membaca Do'a keselamatan Dunia Dan Akhirat :
رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya :
"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka".(QS, 2:201)

Dan jangan lupa perbanyaklah mebaca Istigfar, usahakan sebanyak-banyaknya. :)

Sekian, semoga artikel/ postingan ini "Tata Cara Shalat Tahajud dan Bacaan Doa Tahajud" bermanfaat bagi kita semua ! :D

WassalamualaikumWr. Wb.

27 comments:

  1. Langsung dipraktekkan, terima kasih ilmunya mas!!

    komentar balik di blog aku ya >> http://fifisurabaya.blogspot.com/2014/12/3-cara-mengembalikan-kesuburan-rambut.html

    ReplyDelete
  2. Aslmualaikum wr wb...
    Trimksih byk ats waktu dn ilmu nya.
    Wa slm...!

    ReplyDelete
  3. permisi numpang promo Refiza Souvenir menyediakan Souvenir Tasbih paket 1, 2, 3, dan 4. Tasbih, stiker dan pita bisa dicustom sesuai keinginan. cocok untuk acara pernikahan, haji dan umroh, khitanan, aqiqah. diorder yuk dan cek katalog kita di www.refiza.com

    ReplyDelete
  4. Makasih... ini sangat bermanfaat bgt...

    ReplyDelete
  5. LOMBA BLOG !
    Hello bloggers Indonesia! Souvenir berupa gantungan kunci, kipas, gelas, atau hiasan tentu sudah sering dijumpai. Namun ada juga souvenir cantik dan unik yang bisa diberikan untuk para tamu undangan pada acara-acara besar agama Islam lainnya seperti pengajian, syukuran, dan tahlilan. Dalam rangka menyambut Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1436 H Refiza Souvenir menyelenggarakan blog competition bagi para bloggers. Tuliskan semua hal tentang souvenir Islami dan dapatkan hadiah menarik dari Refiza.
    Syarat dan Ketentuan http://www.refiza.com/blogcompetition2015/

    ReplyDelete
  6. makasih banyak semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih atas srgalah artikelnya...sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  8. Trimakasih postsnya,
    Sangt bermanfaat bgi sy,

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum .
    terimakasih atas ilmux ,sangat bermanfaat .

    ReplyDelete
  10. terimakasih untuk sharing ilmu nya :)

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah saya bersyukur Alloh telah memberi petunjuk melalui bacaan ini sehingga saya mengerti cara sholat tahajut. terima kasih . Assalaamu álaikum !

    ReplyDelete
  12. terimaksih ilmunya. sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  13. subhanallah, terimakasih insya allah mulai belajar membiasakan salat malam

    ReplyDelete
  14. Terima kasih infonya akhi & ukhti, menambah referensi keislaman saya ..

    jangan lupa Mampir dan Update Info Lowongan Kerja Terbaru Anda Disini : Expo CPNS BUMN (Expo Loker : http://expocpnsbumn.blogspot.com/)

    ReplyDelete
  15. Jasa anda kami ingat selalu mas
    Terima kaaih

    ReplyDelete
  16. Jasa anda kami ingat selalu mas
    Terima kaaih

    ReplyDelete
  17. Bagus artikelnya dan saya suka tulisan Anda karena sangat membantu Para Pembaca seperti sy yang haus akan informasi . Terima kasih
    oleh : Wasbir21

    ReplyDelete
  18. Izin kipas for my paper. Terimakasih sangat membantu.

    ReplyDelete
  19. Trimaksh ats ilmunya semoha bermafaat amin

    ReplyDelete
  20. Terimakasih ats ilmunya .. ;)

    ReplyDelete
  21. Terimakasih admin. Mohon ijin untuk saya print buat belajar anak2 dirumah. Semoga admin bisa mendapatkan pahala yang mengalir karena telah menshare ilmu yang sangat penting bagi umat islam. Aamiin

    RajaSwara
    Minilagu
    CLAMBAND

    ReplyDelete
  22. Assalamu’alaikum, berikut artikel terkait yang saya tulis. 40 Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud.

    http://maryam-qonita.blogspot.co.id/2018/03/manfaat-keutamaan-sholat-tahajud.html

    Semoga berkenan untuk saling berkunjung dan melengkapi. Kakak juga boleh bertukar link di blog saya, terimakasih :D

    ReplyDelete