Assalamualaikum Wr. Wb

Pernah gak Sobat KAI datang ke musholla atau masjid waktu sholat jamaahnya sudah mulai? nah, sayang kan kalo kita sholat sendiri aja, padahal sholat jamaah itu pahalanya sama dengan 27 Derajat sholat sendiri. Trus gimana kita bisa ikutan sholat Jamaah yang sudah berlangsung ??? Ini disebut makmum masbuk atau makmum yang ketinggalan. yang harus kita lakukan adalah :

  • Jika sholat baru di rakaat pertama, dan imam belum rukuk, maka kita bisa langsung mengikuti imam setelah takbiratulihrom,sampai selesai tanpa menambah apapun.


  • Jika imam sudah melewati rukuk pada rakaat pertama, maka kita juga bisa langsung mengikuti gerakan imam setelah takbiratul ihrom, tapi harus menambah 1 rakaat lagi setelah imam salam.


  • Jika imam sudah melewati rukuk pada rakaat kedua, maka kita juga bisa langsung mengikuti gerakan imam setelah takbiratul ihrom, tapi harus menambah 2 rakaat lagi setelah imam salam. 2 rakaat terakhir ya..


  • Jika imam sudah melewati rukuk pada rakaat ke tiga, maka kita juga bisa langsung mengikuti gerakan imam setelah takbiratul ihrom, tapi harus menambah 3 rakaat lagi setelah imam salam, hitung rakaat terakhir saja.

Contoh : kalo imam sholat ashar sudah selesai rukuk rakaat ke tiga, kita baru ikut jamaah, maka kita takbiratul ihrom, lalu langsung mengikuti gerakan imam, setelah sholat jamaah selesai (imam mengucap salam) kita berdiri untuk melanjutkan
sholat dengan menambah 3 rakaat lagi, yaitu rakaat ke 2, lalu ke 3 dan rakaat terakhir. Walaupun jamaah tadi sudah selesai, kita masih mendapatkan kebaikan sholat jamaah sama seperti mereka.

Penjelasan Tambahan!!!

Apabila seorang makmum terlambat (masbuk) maka kewajibannya adalah menyempurnakan sholatnya dengan menambah raka’at yang kurang. Karena Nabi shollallahu alaihi wa sallam bersabda, “Dan apa yang kalian luput maka sempurnakanlah.”
 (Hadits Abu Hurairah riwayat Al-Bukhari dan Muslim)

Sabda beliau “sempurnakanlah” artinya lengkapi apa yang kurang dengan menambah kekurangannya, bukan dengan cara memulai dari awal raka’at.

Misal masbuk pada shalat isya (4 rakaat) dan tertinggal 3 rakaat. Setelah imam salam, kita bangun dan tentunya melengkapi 3 rakaat lagi. Urutannya  adalah :

– Rakaat pertama : melakukan tasyahud awal
– Rakaat kedua : tidak ada tasyahud
– Rakaat ketiga : tasyahud akhir dan duduk tawarruk
Demikianlah Sobat KAI Tata Cara Masbuk, Semoga dapat bermanfaat bagi kita Semua Wassalamualaikum Wr. Wb.

Reactions:

2 comments:

  1. utk makmum /masbuk telat. mengikuti salam atau sebelum salam lsng melanjutkan shalat kekurangannya .

    ReplyDelete
  2. utk makmum /masbuk telat. mengikuti salam atau sebelum salam lsng melanjutkan shalat kekurangannya .

    ReplyDelete